Laman

Minggu, 09 Juni 2013

Lima Hal yang Membuat Bangsa Jepang Maju

Negara ini pernah dua kali dibom oleh sekutu, terlibat konflik horizontal, dan diancam kelaparan, tapi puluhan tahun kemudian menjelma menjadi negara kuat di Asia, bahkan dunia. Apa rahasia yang membuat mereka bisa berkembang dengan sangat pesat?


Ada banyak faktor yang membuat bangsa Jepang lebih maju. Tentunya kita dapat mencontoh dan menerapkannya pada keseharian kita. Berikut ini adalah lima hal yang membuat bangsa Jepang maju :

1.Pekerja Keras

“Di dunia ini tidak ada orang yang gagal, yang ada hanyalah orang yang malas”. Mungkin itulah moto yang mereka jadikan pedoman dalam bekerja. Orang Jepang dikenal pekerja keras dan profesional. Mereka tidak mudah menyerah dalam mendapatkan sesuatu.

2.Tepat Waktu

Orang Jepang dikenal sangat tepat waktu. Bagi mereka waktu adalah hal yang paling berharga. Bagi mereka, menunda pekerjaan sama dengan menambah pekerjaan. Sebenarnya sama juga dengan pemahaman orang Indonesia, hanya saja orang Indonesia kurang dalam mengaplikasikannya.

3.Punya Rasa Malu

Siapa bilang rasa malu itu harus dihilangkan? Mau jadi apa bangsa ini kalau kita tidak punya rasa malu? Malu di sini bukanlah rasa malu untuk berkembang, tapi malu untuk meneruskan kesalahan. Orang Jepang yang merasa gagal, pasti merasa malu dan mengundurkan diri. Bahkan jaman perang dulu, jenderal perang yang gagal rela untuk bunuh diri sebagai upah kegagalannya.

4.Menjaga Tradisi

Orang Jepang bukanlah tipe orang yang lupa akan kulitnya. Secanggih apapun modernisasi dan teknologi, mereka selalu memasukkan tradisi bangsa mereka. Ini bukanlah sesuatu yang kuno, tapi justru bisa menjadi ciri khas dan karakter suatu bangsa. Jika bangsa kita saja tidak mempunyai karakter, bagaimana mau maju?

5.Punya Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Orang Jepang selalu mempunyai motivasi tersendiri untuk mempelajari hal yang baru. Hal itu didukung pula oleh kebiasaan mereka yang rajin membaca dan terbuka pada pemikiran baru.

Jadi, apakah kita ingin mempertahankan sifat malas dan suka menunda-nunda pekerjaan kita, atau kita bisa bangkit seperti semangat negara Jepang itu? Life is a matter of choice. Silahkan pilih sendiri jalanmu.

18 komentar:

  1. ayo terapkan agar kita menjaddi spt jepang^^

    BalasHapus
  2. setuju...memang benar..klo mw bangsa kita maju harus mencontoh bangsa jepang...gambatte

    BalasHapus
  3. hem, berarti kita pelajar bahasa jepang wajib nih niru semangat mereka biyar semakin kelop belajar bahasa jepangnya :D

    BalasHapus
  4. sesuju..hehehe setuju maksudnya,, tp org indo bisa ga move on biar bisa kaya jepang..? #ini sulit dijawab...kekeke

    BalasHapus
  5. wahwahwah..
    tampaknya berbanding terbalik dengan Indonesia yaa..
    mari kita tiru Jepang :D

    BalasHapus
  6. waaah,,,, semangat orang jepang...
    patut di contoh :D

    BalasHapus
  7. Apakah anda sudah mulai mererapkan ilmu tersebut di Indonesia, Bali khususnya? :D

    BalasHapus
  8. ayo kita adopsi ilmu dan sifat dari orang jepang tersebut,,, ganbatte

    BalasHapus
  9. “Di dunia ini tidak ada orang yang gagal, yang ada hanyalah orang yang malas”>> saya setuju.
    Sayangnya saya orang malas, pantas tdk maju2, kekekekekeke
    masalah tepat waktu, saya juga pernah baca, bukan hanya masyarakatnya saja, bahkan alattransportasinya pun tidak mau kalah tepat waktunya. Bayangkan dalam setahun kalau tidak salah hanya terlambat beberapa detik.
    Sugoi....
    terimakasih informasinya
    *blogjumper
    ^oo^

    BalasHapus
  10. blog yang simpel...
    tapi berisi tentang hal yang sangat penting...

    BalasHapus
  11. wow , blog ini bikin saya introspeksi diri , ternyata masih jauh sekali ya jika dibandingkan dengan orang jepang . oke nice info , akan saya terapkan mulai sekarang :D

    BalasHapus
  12. Terima Kasih Comentnya pak mbak brow (y) dimulai dari diri sendiri dan kesadaran,, pastinya bisa lebih maju dari negara jepang,, dimulai dari perubahan kecil dalam diri

    BalasHapus
  13. indonesia juga dalamproses maju,,
    aku berharap nanti ada yang bikin artikel " Hal yang patut ditiru dari indonesia"

    BalasHapus
  14. wahh.. memang banyak hal yang bisa kita tiru dari Jepang. patut di coba nih.. semoga suatu saat nanti negara kita bisa semaju negara jepang :D

    BalasHapus
  15. wahhh patut kita tiru buat jadi lebih baik...:)

    BalasHapus